PROFIL KAMPUS

Perguruan tinggi sebagai Human Resource Development Agent memainkan peran kunci dalam pembangunan, khususnya sember daya manusia. Perubahan tatanan pergaulan ekonomi dan politik internasional yang terus berubah dengan cepat, menempatkan posisi perguruan tinggi pada tantangan sekaligus peluang untuk memainkan peran strategisnya dalam menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi. Mengandalkan kekayaan sumber daya alam, ternyata tidak cukup memadai lagi untuk mengangkat kesejahteraan rakyat, sehingga terjadi pergeseran prioritas untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai faktor penggerak utama pertumbuhan ekonomi. Strategi pembangunan komunitas masyarakat bangsa berbasis ilmu pengetahuan memerlukan respon cepat, tepat dan strategis.

AIKOM Ternate bertekad ikut serta bersama komponen bangsa lainnya untuk meningkatkan partisipasinya membangun komunitas intelektual yang amanah, mampu menguasai, serta trampil memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mendukung terwujudnya warga masyarakat serta bangsa yang adil dan makmur berlandaskan moralitas yang baik. Bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai krisis dan perubahan besar, dan muara penyelesaiannya diharapkan akan melahirkan masyarakat baru yang jauh lebih baik. Pada masa yang akan datang AIKOM Ternate berharap dapat menjadi salah satu sumber inspirasi pembaharuan bangsa dengan kekuatan moral dan intelektual yang kokoh dan seimbang, melalui pengembangan karakter.

AIKOM Ternate juga berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu berdiri setara dalam pergaulan masyarakat global, selalu berperan aktif mendukung pembangunan ekonomi, serta menghasilkan karya yang memberikan kemanfaatan besar bagi seluruh umat manusia. Dengan adanya otonomi daerah, AIKOM Ternate memiliki peluang untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah. Kehadiran AIKOM Ternate sebagai perguruan tinggi di tengah masyarakat, diharapkan mengemban misi perluasan akses pendidikan. Strategi pemanfaatan sumber daya intelektual dalam komunitas akademik AIKOM Ternate yang lebih optimal memerlukan jaminan tata kelola organisasi dan manajemen menuju kebijakan berbasis mutu, mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk meraih kepercayaan sebagai agen pemberdayaan masyarakat, melalui tridarma perguruan tinggi, AIKOM Ternate haruslah menjadi perguruan tinggi yang dikenal memiliki reputasi handal.

VISI & MISI

Visi dan Misi merupakan landasan utama dalam penyusunan Renstra AIKOM Ternate Tahun 2016-2020. Visi dan misi AIKOM Ternate tersebut ditetapkan secara rasional, tetapi tetap bersifat fleksibel agar memungkinkan melakukan perubahan sebagai akibat adanya hal-hal yang tidak terantisipasi dalam proses pencapaiannya. Oleh karena itu, Renstra AIKOM Ternate juga bersifat dinamis, dapat berubah setiap saat sesuai dengan keadaan dan kebutuhan tanpa mengubah tujuan akhir.

A. Visi AIKOM Ternate

Visi Akademi Ilmu Komputer Ternate yaitu : “Sebagai pusat unggulan pengembangan pengetahuan, teknologi, berbasis kompetensi dan berwawasan teknologi dalam bidan komputerrisasi”. Pusat unggulan ini diharapkan menjadi motor penghasil individu unggul dalam kelompok profesi bidang teknologi.

B. Misi AIKOM Ternate

  1. Menyelenggarakan program studi yang menunjang pengembangan dan penerapan teknologi informasi, komunikasi, kepemimpinan, kemampuan inovasi yang beretika dalam dunia kerja.
  2. Berusaha menyediakan sarana dan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga menghasilkan lulusan yang terampil, kreatif dan inovatif.
  3. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak lokal, baik dengan instansi pemerintah maupun swasta, agar pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan dapat tepat guna penerapannya.
  4. Turut aktif memberikan sumbangan pemikiran melalui hasil penelitian maupun keterlibatan langsung dalam proses pengembangan pembangunan nasional.

C. Tujuan AIKOM Ternate

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dapat bersaing di tinggkat nasional.
  2. Menghasilkan pemikiran inovatif, yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam skala nasional.
  3. Mewujudkan kurikulum yang searah dengan perkembangan kebutuhan lingkungan strategis, guna memberdayakan masyrakat agar mampu memecahkan masalahnya secara mandiri dan berkelanjutan.
  4. Mewujudkan kemandirian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang adaptif, kreatif dan proaktif terhadap tuntutan perkembanagn lingkungan.